Batu Moldavite, Meteor yang indah dari Ceko

Pendahuluan

Moldavite (Republik: Vltavin) adalah zat vitreous kehijauan zaitun hijau atau kusam yang dibentuk oleh dampak meteorit, yang akan membuatnya salah satu jenis tektite. Mereka diperkenalkan kepada publik oleh ilmiah untuk pertama kalinya pada tahun 1786 sebagai "chrysolites" dari Týn nad Vltavou dalam kuliah oleh profesor Josef Mayer dari Praha University, membaca pada pertemuan Bohemian Ilmiah Masyarakat (Mayer 1788). Zippe (1836) pertama kali digunakan istilah "moldavite" berasal dari kota Moldauthein (Republik: Týn nad Vltavou) - sekarang di Bohemia (Republik Ceko), dari mana potongan pertama dijelaskan berasal.


Origin

Warna hijau kaca Moldavite ini menyebabkan nya yang biasa disebut Bouteillen-stein, dan pada satu waktu itu dianggap sebagai produk buatan, namun pandangan ini bertentangan dengan fakta bahwa tidak ada sisa-sisa barang pecah belah ditemukan di lingkungan kejadiannya; Selain itu, potongan substansi tersebar luas di Tengah ke Upper Miocene dan tanah liat fluvial muda dan pasir serak di Bohemia dan Moravia. Rumus kimia dari moldavite adalah SiO2 (+ Al2O3).

Pada tahun 1900, FE Suess menunjukkan bahwa moldavites kerikil ukuran dipamerkan pittings penasaran dan kerutan pada permukaan, yang tidak bisa karena aksi air, tetapi mirip dengan tanda karakteristik pada banyak meteorit. Berani menghubungkan bahan untuk asal kosmik, ia dianggap moldavites sebagai tipe khusus dari meteorit yang ia mengusulkan nama tektite. Namun, untuk waktu yang lama, secara umum diyakini berbagai obsidian. Karena Fusibilitas mereka sulit, kadar air yang sangat rendah, dan komposisi kimianya, konsensus yang luar biasa saat ini di kalangan ilmuwan bumi adalah bahwa moldavites terbentuk sekitar 14.700.000 tahun yang lalu selama dampak meteorit raksasa di masa kini Nordlinger Ries. Splatters bahan yang meleleh oleh dampak didinginkan sementara mereka benar-benar udara dan paling jatuh di Bohemia. Saat ini, moldavites telah ditemukan di daerah yang meliputi bagian selatan Bohemia, Moravia barat, Cheb Basin (laut Bohemia), Lusatia (Jerman), dan Waldviertel (Austria). [1] analisis isotop sampel dari moldavites telah menunjukkan berilium-10 Komposisi isotop mirip dengan komposisi tektites Australasia (Australites) dan tektites Pantai Gading (Ivorites). Kesamaan mereka dalam komposisi berilium-10 isotop menunjukkan bahwa moldavites, Australites, dan Ivorites terdiri dari dekat permukaan dan sedimen terestrial longgar konsolidasi meleleh oleh dampak hypervelocity. [2]

99% dari semua temuan moldavite berasal dari daerah Bohemian Selatan, 1% ditemukan di daerah Moravia Selatan. Hanya puluhan potongan yang ditemukan di daerah Lusatian (dekat Dresden), daerah Cheb basin (West Bohemia) dan Northern Austria (dekat Radessen). Kejadian pokok moldavites di Bohemia berhubungan dengan sedimen tersier dari České Budějovice dan Trebon cekungan. The daerah yang paling menonjol terkonsentrasi di strip NW-SE sepanjang margin barat České Budějovice Basin. Mayoritas dari kejadian ini terikat pada Vrábče Anggota dan Koroseky Sandy Gravel. Daerah yang menonjol di Cekungan Trebon terikat untuk kerikil dan pasir Formasi Domanin. Di Moravia, kejadian moldavite dibatasi untuk daerah sekitar dibatasi oleh kota-kota Třebíč, Znojmo dan Brno. Dengan mempertimbangkan jumlah potongan yang ditemukan, daerah Moravia yang jauh kurang produktif daripada yang Bohemian; Namun, berat rata-rata dari moldavites ditemukan jauh lebih tinggi. Tertua (primer) moldavite-bantalan sedimen terletak antara Slavice dan Třebíč. Mayoritas dari daerah lain di Moravia Selatan terkait dengan sedimen dari Miosen serta sungai-sungai yang mengalir di Pleistosen daerah ini kurang lebih ke arah tenggara, mirip dengan aliran sekarang Jihlava, Oslava sebuah Jevišovka.

Jumlah total Moldavite tersebar di seluruh dunia diperkirakan mencapai 275 ton.

Ada biasanya dua nilai dari moldavite: kualitas tinggi, sering disebut sebagai museum kelas, dan kelas reguler. Museum dan moldavite kelas reguler dapat dikatakan terpisah dengan cara mereka melihat: Potongan-potongan kelas reguler biasanya lebih gelap dan lebih jenuh dalam warna hijau mereka, dan permukaan terlihat pitting sebagai jarak dekat atau pelapukan. Tipe ini kadang-kadang tampaknya telah rusak terpisah dari sepotong lebih besar. Moldavite juga ditemukan agar kompatibel dengan kaca borosilikat dan dapat menyatu untuk dengan mudah.


Use

Museum kelas memiliki pola pakis-seperti yang berbeda dan jauh lebih transparan daripada kelas reguler. Biasanya ada perbedaan yang cukup besar dalam harga antara keduanya. Museum kelas "semburan bunga" yang jauh lebih dihargai oleh penikmat. Batu moldavite berkualitas tinggi yang sering digunakan dalam perhiasan kerajinan tangan dan dengan demikian memasuki pasar jauh dari mode perhiasan utama, lebih berpusat pada seni dan kerajinan, dan dengan demikian telah mendapatkan status hampir kultus.

Ada sebuah museum Moldavite baru di Český Krumlov, Republik Ceko. 


Ayo menjadi Kolektor Moldavite Indonesia :)
minat membeli Moldavite , silakan lihat-lihat produk Moldavite kami :
Klik link di bawah ini
KLIK SINI!
http://tokosatam.blogspot.com/search/label/Moldavite

CARA PEMESANAN




CARA PEMESANAN

1. Ketik: Type Produk,Kota,Bank Transfer
contoh:stm30#,Jogja,BCA
kirim ke salah satu kontak dibwh ini:
Sms: 085669573335
(SETELAH SMS TUNGGU BALASAN KAMI)

2. Pembayaran melalui rekening:Kami akan segera cek pesanan anda dan jumlah yang harus ditransfer (harga+ongkos kirim).Tunggu balasan dari kami.



3. transfer melalui
Via BCA kcp tanjungpann
8895053496 (a/n noviyandi)
Via MANDIRI kcp tanjungpann
112-00-0996068-8 (a/n noviyandi)



4. Setelah transfer,ketik sms:
NAMA:
ALAMAT:
BANK TRANSFER:
JUMLAH TRANSFER:
PESANAN:
Kirim ke 085669573335



5. Pengiriman menggunakan JNE, No.AWB bukti pengiriman akan kami kirim melalui sms.
Terima kasih & selamat berbelanja.